IRMS

Alat Naasra PARVID

December 5, 2018

Alat Naasra PARVID / PARVIDNET

Parvid /Parvidnet

Mobil Nassra

Mobil Nassra

PARVID/PARVIDNET (Positioning Accurated Roughness with Video and Net Inventory) adalah peralatan-peralatan yang digunakan untuk mensurvey data perkerasan jalan (roughness) beserta video Situasi, Video Kondisi dan Video Net Inventory/Untuk Lebar Jalan.

Sehubungan dengan adanya kegiatan survai jalan serta pengumpulan data untuk penyusunan program

penganggaran dan penyajian informasi penyelenggaraan Jalan dan Jembatan. yang diadakan 2 (dua) kali setahun di jalan Nasional, atau yang sering kita sebut sebagai survey IRMS (INTERURBAN ROAD

MANAGEMENT SYSTEM), maka kami berinisiatif untuk membuat sebuah alat bantu yang bisa membantu pengelola jalan baik Nasional, Propinsi maupun Kota/Kabupaten dalam

pengumpulan data tersebut dengan mudah, ekomomis, efektif, praktis dan efisien.

Untuk itu kami membuat alat yang disebut dengan PARVIDNET, dimana alat ini dapat menampung 

beberapa kegiatan dalam IRMS tersebut dalam satu waktu yang bersamaan Meter per meter.

IRMS (INTERURBAN ROAD MANAGEMENT SYSTEM) 

terdiri dari beberapa kegiatan survey untuk mendapatkan data diantaranya:

•Data Titik Referensi (STR)
•Data Inventarisasi Jalan (RNI)
•Data Kondisi Jalan (RCS)
•Data Kekasaran Permukaan Jalan (NAASRA)
•Data Perhitungan Lalulintas Rutin (TRAFFIC)
•Dokumentasi / Foto Dokumen

Dengan menggunakan alat PARVIDNET ini kita dapat mengambil data sebagai berikut :

•Data Titik Referensi (STR)

Termasuk di dalamnya Halda meter, Legenda, dan GPS (Latitude,Longitude) yang mana akan menghasilkan Out put peta GPS TRACER.

•Data Kekasaran Permukaan Jalan (NAASRA)

Lebar jalan, Lebar Bahu Jalan, Lebar Lobang, dan Lebar Tambalan apabila ada

Dokumentasi

•Video Situasi adalah video yang menggambarkan situasi jalan yang dilalui oleh kendaraan naasra sehingga kita bisa mengetahui seperti apa dan bagai mana jalan yang kita survey, dengan video ini juga kita bisa mendapatkan foto Dokumentasi dengan cara meng Capture video tersebut menjadi foto.
•Video Perkerasan Jalan adalah video yang memperlihatkan jenis-jenis lapisan permukaan jalan baik dalam kondisi baik, sedang, rusak ringan dan rusak berat yang disajikan bersamaan dengan data-data tektual IRI serta keterangannya.
Video Netinventory/Lebar Jalan adalah video yang memperlihatkan Lebar jalan, Lebar Lobang dan Lebar Bahu.
Handycam untuk Foto Dokumentasi, disesuaikan dengan kebutuhan dokumentasi per 100, 200, 500 dan 1000 meter, tanpa di capture dari Video (Langsung di print dalam bentuk Foto).

PARVID GENERASI KE 4

INOVASI TERBARU DARI PARVID

 Pada Generasi ke 4 ini merupakan inovasi tambahan yang kami buat untuk mempermudah penggunaan alat dalam pengambilan data dilapangan, pada generasi ini kami menggunakan 4 buah Kamera Handycam, dimana terdiri dari :

1. Handycam untuk Situasi Jalan, menggambarkan situasi jalan yang dilalui oleh kendaraan naasra sehingga kita bisa mengetahui seperti apa dan bagai mana keadaan jalan yang kita survey.

    2. Handycam untuk Kondisi Permukaan Jalan yang memperlihatkan jenis-jenis lapisan permukaan jalan baik dalam kondisi baik, sedang, rusak ringan dan rusak berat yang disajikan bersamaan dengan data-data tektual IRI serta keterangannya.

     3. Handycam Net Inventory untuk Inventarisasi Lebar Jalan, Handycam yang memperlihatkan Lebar Jalan, yang dapat pula menilai perobahan lebar jalan secara pendekatan tanpa mengukur dilapangan tetapi hanya mengukur lebar jalan pada awal ruasnya saja sebagai referensi lebar jalan untuk 1(satu) ruas jalan yang disurvey.

     4.Handycam untuk Foto Dokumentasi, disesuaikan dengan kebutuhan dokumentasi per 100, 200, 500 dan 1000 meter. tanpa di capture dari Video (Langsung di print dalam bentuk Foto).

Masing-masing handycam mempunyai kegunaan tersendiri, yang dipadukan dengan Loger sebagai controling dari ke 4 (empat) handycam, sehingga menjadi satu kesatuan alat PARVID.

Keuntungan dan kemudahan dari versi ke 4 ini antara lain:

1. Tidak dipelukan lagi capture untuk pengambilan foto dokumen.

2. Adanya penggunaan peralatan yang kita sebut Amplifier yang berguna sebagai pembagi tugas aliran fungsi pengambilan data dari Loger ke nilai Kekasaran Jalan, Jarak, serta Pengambilan data- data Video maupun Foto dari ke empat Handycam.

3. Dengan menggunakan Handycam, Foto Dokumentasi akan didapat dengan hasil yang baik karena kamera menggunakan resolusi tinggi serta BERWARNA, tidak seperti menggunakan kamera CCTV.

Foto Dokumen per 100, 200, 500 dan 1000 meter ini di atur langsung oleh halda meter yang berhubungan langsung dengan GPS traser, sehingga letaknya sesuai dengan latitude dan longtitude yang di dapat dari Loger/GPS.

Pada Parvid Generasi ke 4 ini juga ada perobahan program, dimana program Parvid dapat langsung terkoneksi dengan Data BMS atau Jembatan, dimana apa bila ada jembatan yang dilalui maka program meminta apakah akan terkoneksi atau dilewati data jembatan tersebut.

Peralatan apa sajakah yang ada di Parvid?

 

Loger ini digunakan untuk menyimpan berbagai data tanpa menggunakan laptop secara terus

menerus, kapasitas loger ini mencapai 1GigaByte (GB), selanjutnya data yang disimpan

loger dipindahkan ke laptop melalui kabel USB to serial dan tersimpan dalam bentuk

Microsoft Excel (.xls). Output yang disimpan Loger adalah :

•NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities)  meter yang menghasilkan nilai IRI (International Roughness Index)

Spesifikasi Nilai IRI :

Legenda Kondisi

Legenda Kondisi

0 –  4  : Baik

4 – 8   : Sedang

 8 – 12  : Rusak Ringan

> 12      : Rusak Berat

 

(Korelasi antara nilai IRI dan kondisi jalan bersifat flexible, sesuai keinginan pemerintah terkait)

•DRP (Data Reference Point), atau disebut juga STR (Survey Titik Referensi) yang menyimpan Halda meter beserta semua legenda-nya yang terdiri dari Patok KM, Gorong-gorong (culvert), Jembatan (Bridge), Rel Kereta Api, Persimpangan , dll
•Longitude dan Latitude dari GPS Tracking
•Gambar dibawah ini adalah contoh hasil output dari loger
 

Dibawah ini adalah gambar dari ke- empat output software PARVID :

•video situasi jalan (beserta legenda dan nilai longitude latitude)
•video kondisi jalan (beserta nilai Halda meter dan Naasra meter, IRI, dan kondisi)
•Peta dasar (dapat di zoom in dan zoom out) dan dapat dipilih langsung melalui peta
•Peta tracer (memperlihatkan track GPS per ruas jalan yang dipilih)
 

PARVIDNET (Positioning Accurated Roughness with Video and Net Inventory) adalah peralatan-peralatan yang digunakan untuk mensurvei data perkerasan jalan (roughness) beserta video yang juga dapat dipakai untuk memperkirakan pengukuran lebar jalan, lebar bahu jalan, lebar lobang jalan maupun lebar tambalan yang ada dijalan.

Pada Program lebar jalan ini kita mengukur lebar jalan secara manual terlebih dahulu untuk kita masukkan kedalam program lebar jalan, sehingga lebar manual tersebut dijadikan sebagai referensi awal dari lebar-lebar yang akan kita ukur selanjutnya, lebar yang di ukur harus ada dalam garis merah yang ada dalam program tersebut, contoh pada poin 35 dan 6.

Ukuran referensi diminta seperti pada poin 4, dan harus diisi sesuai dengan lebar sebenarnya yang ada di lapangan, dapat dilihat seperti di bawah ini :.

1.  Tampilan Awal Program Lebar Jalan

      2.  Tampilan pemangilan Ruas yang akan kita ukur

      3.  Cara Mengukur Lebar Jalan

       4.  Tampilan  data untuk menentukan panjang real lebar jalan manual

 

        5.  Cara Mengukur lebar Bahu


        6.  Cara Mengukur Lebar Tambalan/Lobang yang ada di permukaan jalan


Pada hal ini kita dapat memperkirakan kedalaman lobang dengan mengawinkan antara lebar lobang dengan IRI yang di hasilkan dari kerataan jalan, sehingga lobang dapat diperkirakan kedalamanannya.

Catatan:

Pada hal ini kita dapat memperkirakan kedalaman lobang dengan mengawinkan antara lebar lobang dengan IRI yang di hasilkan dari kerataan jalan, sehingga lobang dapat diperkirakan kedalamanannya.

 

HANDYCAM UNTUK FOTO DOKUMEN

Handycam untuk Foto Dokumentasi, adalah Handycam yang digunakan khusus untuk pengambilan data foto dokumentasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dokumentasi per 100meter, yang  pada saat ini diminta oleh Kementrian PU sebagai syarat dokumentasi Survey IRMS. Termasuk juga penggunaan alat Parvid.

Contoh Hasil Foto Dokumen menggunakan Handycam, dengan Jarak Per 100 meter

 
 

PARVID terkoneksi dengan BMS

Pada Program Parvid Generasi ke 4 ini, program Parvid sudah terkoneksi dengan data BMS atau Jembatan, baik tematik, Foto maupun Video BMS kalau ada akan di masukkan dalam program Parvid, seperti pada contoh di bawah ini:

Running Program Parvid Generasi 4 Dengan Grafik Barchart IRI. Pada GPS Traser akan tertera dan terlihat posisi-posisi jembatan yang ada pada ruas tersebut

 

  • Bila Melalui Jembatan maka ada pilihan menu untuk membuka data jembatan BMS yang sudah di survey.
  • Bila Yes, Maka akan terbuka data jembatan BMS yang sudah di survey baik tektual, Foto maupun Videonya
  • Bila NO, maka data file Jembatan BMS tidak terbuka dan akan melanjutkan ke kilometer selanjutnya

Data Tektual dan Foto Jembatan BMS yang di maksud/ dibuka

Data Video Jembatan BMS yang dibuka

(Penampang Lebar Jembatan BMS)

 

Kami Terdaftar Pada Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Seftian Setia Pamungkas : 0877-0878-0700

Email : Tian_bisnis@yahoo.com

 

Kontak Kami Survei BMS IRMS

Kontak Kami Survei BMS IRMS

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply