IRMS & BMS

Survei Kekasaran Permukaan Jalan secara visual (RCI) lanjutan

November 1, 2019
Form RCI

Survei Kekasaran Permukaan Jalan secara visual (RCI) lanjutan

Menanggapai permintaan Derry dari Lampung yang kebingungan Survei RCI maka saya akan menjelaskanya secara rinci, simak ia :). Di Postingan saya sebelumnya Survei RCI telah di jelaskan metode survei RCI seperti apa. Untuk lebih Jelasnya kita lihat gambar berikut :

Form RCI

Form RCI

Pertama kita isi Provinsi,Ruas Jalan, tanggal, Jenis Kendaraan, Nomor Polisi, Pengemudi dan Waktu

Kedua kita isi nama penilai nah disini penilai harus pernah ikut survei atau pelatihan agar lebih mudah nantinya menentukan RCI kalau tidak pun saya akan kasih tipsnya. Harus diingat surveyor harus ada 3 supaya hasilnya akurat dan ada pembanding antara 3 orang tersebut dan diambil tengah-tengahnya

Ketiga Kita isi Titik Awal dan Titik Akhir, disini ada Kota asal misalnya kamu titik km terendahnya dr bandung maka ditulis BDG atau patok yang kita temui bertuliskan BDG tuliskan juga BDG di titik awal, sama yang titik akhirpun seperti itu. Patok di mana awal ruas dimulai misalnya awal ruas Sumedang-Cijelag ini di patok yang kita lihat dilapangan adalah Bdg 46,50 dan Patok Akhirnya Bdg 75,00. Nah pas awal ruas km siapkan posisi odometer mobil di 0 supaya gampang mengetahui jarak

Keempat kita harus tau jarak yang kita cari di RCI untuk menentukan kekasaran tiap 100m maka kita harus rajin liat Odometer tersebut tiap 100 m harus sudah mencatat kekasaran jalan tersebut dan juga kalauseperti contoh diatas awal ruas berada di 46,50 maka di 47,00 kita harus sudah mencatat RCI nya.

Kelima kita masuk ke Penulisan Form, Misalnya : Awal Ruas di 46,50 maka di PATOK KM tulis sekian, Set Odometer menjadi 0 dan setelah mobil berjalan dan orang pertama merasa nilai yang cocok untuk jalan ini 3, orang kedua merasa rci jalan ini 4 dan orang ketiga menilai jalan ini sepanjang 100 meter mempunyai nilai 3 dan kalau dirata-rata menjadi 3.

Keenam kita harus menentukan nilai RCI dengan Patokan.Misalnya :

2-3  = Kondisi Jalan Bagus

4-6  = Kondisi Jalan Sedang

6-8  = Rusak RIngan

8-10 =Rusak Berat

Ketujuh kita harus isi FORM se Objektif mungkin ia..

Sekian dulu penjelsan dari saya kalo kurang jelas WA aja atau Komen ia temen-temen

 

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply Bagus ghani yuswantoro August 18, 2022 at 4:42 am

    Hai kak..
    Perkenalkan saya bagus ghani yuswantoro mahasiswa teknik sipil sedang skripsi (sudah seminar proposal).. saya akan melakukan penelitian dengan menggunakan metode RCI secara visual, namun oleh dosbing saya di wajibkan setiap nilai RCI mempunyai parameter/klasifikasi yang jelas..

    Misal jalan menunjukan poin Rusak, bergelombang dan banyak lubang.. nah disitu bagaimana bisa dikatakan rusak, bergelombang dan banyak lubang? harus ada klasifikanya kak gitu..
    Contoh kaya bisa dikatakan banyak lubang karena setiap segmen jalan berlubang lebih dari 50 atau bisa dikatakan jalan bergelombang karena kedalaman gelombamg jalan melebihi 5cm dst
    Seperti itu kak..

    Dan yg saya tanyakan bagaimana bisa mendapatkan klasifikasi² setiap nilai RCI secara visual.. atau kakak sudah tau bisa share ya kak..

    Saya sangat mohon bantuanya agar bisa menyelesaikan pendidikan saya secepatnya 🙏🙏

    Terima kasih kak

  • Leave a Reply