IRMS

Survai Perhitungan Lalu Lintas dengan alat ATC

June 5, 2018

Survai Perhitungan Lalu Lintas dengan alat ATC

Survei Automatic Traffic Counter (ATC)

Automatic Traffic Counter (ATC) merupakan perangkat penghitung kendaraan yang dapat memberikan informasi tentang keadaan lalu lintas di jalan raya. Informasi berupa jumlah kendaraan, arah kendaraan, kelas kendaraan dan kecepatan kendaraan yang lewat.

Ada dua jenis sensor yang terpasang untuk memperoleh data ini, yaitu permanent dan temporary.

Juga terdapat dua jenis peralatan yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut yaitu Marksman 400 untuk temporary dan Marksman 660 untuk permanent.

Perbedaan yang sangat mencolok diantara kedua Marksman tersebut adalah pada sensor yang digunakan.

Untuk Marksman 400 digunakan dua buah selang karet (tube) sebagai sensor sementara untuk Marksman 660 digunakan 2 buah jenis sensor yaitu Piezo sensor dan Loop sensor yang dipasang dan ditanam permanent dijalan raya, dengan perbedaan ini diperoleh data akhir yang berbeda juga.

Ada 3 jenis program yang digunakan dalam pengoperasian, yaitu program FrontEnd dan GRView yang digunakan oleh operator lapangan sedangkan satu program lain yaitu program analisa hasil akhir yang digunakan oleh bagian analisa disebut dengan Target Lite.

Pada buku manual ini hanya dipaparkan aplikasi pemakaian program secara berurutan dari mengeset alat sampai memeriksa data hasil dilapangan.

Disamping buku manual ini diberikan juga file untuk buku manual asli dalam bahasa Inggris lengkap, program untuk pengoperasian dan file untuk buku manual ini sendiri, untuk mengenal lebih lanjut tentang Marksman 660 maupun Marksman 400 dan semua aplikasinya disarankan untuk membaca dan membuka file buku manualnya.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply