IRMS

Survei Kekasaran Permukaan Jalan/Survei IRI (NAASRA)

June 4, 2018

Survei Kekasaran Permukaan Jalan/Survei IRI (NAASRA)

Penjelasan Survei kekarasan permukaan jalan/Survei IRI (Naasra)

Survei kekarasan permukaan jalan/Survei IRI ini dimaksud untuk mendapatkan data mengenai kondisi lapisan permukaan jalan.Survei kekasaran permukaan jalan dapat dilaksanakan secara visual dan atau dengan menggunakan alat NAASRA atau yang sejenis dengan NAASRA.Survai kekerasan permukaan jalan ini diterapkan pada pelaksanaan Jalan Nasional yang Bukan Jalan Tol dan secara umum dapat pula dimanfaatkan untuk ruas jalan Provinsi.

Tata cara pelaksanaan survei ini mengacu pada Buku Pedoman Survai Permukaan Jalan Secara Visual dan Buku Pedoman Survai Permukaan Jalan dengan Alat NAASRA.

NAASRA adalah singkatan dari National Association Of Australian State Road Authorities, yang menciptakan metoda pengukuran kekasaran permukaan jalan aspal.

IRI : International Roughness Index adalah index international yang menunjukkan besaran kekasaran permukaan jalan dalam satuan m/km.

Parameter kondisi perkerasan jalan seperti International Roughness Index (IRI) dan Nilai Kerusakan (NK) jalan sangat jamak digunakan untuk menentukan kinerja pelayanan ruas jalan selain parameter dari sisi lalu lintas. Selain dipakai sebagai kinerja pelayanan jalan, IRI dan NK juga banyak dipakai sebagai input dalam penghitungan Biaya Operasi Kendaraan. Penentuan nilai IRI umumnya cukup sulit dari segi biaya karena harus menggunakan peralatan yang hanya bisa didapatkan di tempat tertentu saja, sementara itu Nilai Kerusakan relatif mudah untuk dilaksanakan.

Hubungan nilai kerusakan dengan iri di jelaskan di Gambar Berikut :

Tentang IRI

Tentang IRI

 

Jadi Naasraa adalah alat untuk mendapatkan nilai IRI, Ada Beberapa alat untuk mendapatkan nilai IRI seperti berikut ini :

  1. Naasra
  2. Roughmeter(Rofo)
  3. Hawk Eye

 

 

 

Seftian Setia Pamungkas : 0877-0878-0700

Email : Tian_bisnis@yahoo.com

 

Kontak Kami Survei BMS IRMS

Kontak Kami Survei BMS IRMS

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply