Browsing Category

Islam

Islam

Tawadu yuk…

January 12, 2016

01 Furqan 63

Habluminallah dan habluminannas merupakan salah satu wasiat nabi yakni wasiat tentang hubungan secara vertikal manusia kepada Allah (habluminallah) dan hubungan secara horizontal sesama manusia (habluminannas). Tawadu merupakann salah satu sifat yang merujuk ke habluminannas karena berhubungan dengan manusia dan tian jg tau bahwa sesuatu yang berhubungan dengan sifat dan periaku itu salah satu hal yang paling susah krn setiap manusia punya penyakit hati seperti : tidak suka dengan orang, menjelek-jelekan, ngomongin, sombong, pelit dll. Sifat Sifat itu adalah sifat yang merugikan karena akan mgnakibatkan hati kita keras maka dari itu kita harus berusaha bersifat tawadu dan harus dilatih setiap hari, tapi sebelumnya apa itu tawadhu??

Tawadu adalah sikap rendah hati yang merupakan akhlak yang utama. Dengan tawadu akan menjadi indah budi pekertinya,baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah. Sikap tawadu’ muncul karena adanya kesadaran akan hakikat kejadian manusia dan hari kemudian. Islam mengajarkan bahwa manusia itu harus bersikap tawadu’. Sikap tawadu’ ini harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Gambaran orang yang bersikap tawadu’ adalah sebagaimana diungkapkan dalam hadits nabi sebagai berikut artinya :

“ Sesunguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku orang lain dan seorang yang tidak berlaku curang atas orang lain.”(HR.Muslim)

Sebagian dari perwujudan sikap tawadu’ yaitu tiadanya sikap bermegah-megahan(sombong, congkak, takabur) serta berlaku curang (tidak adil, mau enaknya sendiri). Orang yang memiliki sifat tawadu’ juga harus bersifat rendah hati dan ucapan katanya mengandung  kesejahteraan dan keselamatan, tidak menyakitkan orang lain(tidak pandang siapa yang jadi lawan bicaranya).

Firman Allah yang artinya :

“Dan hamba-hamba yang baik dari tuhan yang maha penyayang itu(ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan (Al-Furqan : 63).

Sikap tawadu’ bukanlah sikap yang rendah dan tidak mengurangi harga diri seseorang. Bahkan menaikkan derajat orang itu sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadist yang artinya :

“Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah bersabda “Sedekah tidak mengurangi harta dan Allah akan menambahkan selain kehormatan kepada seseorang yang memberi maaf dan tiada seorang yang bertawadu’ secara ikhlas karena Allah, melainkan Alah mengangkat derajatnya”(HR.Muslim).”

Maaf kalo ada salaah kata kesalahan sepenuhnya dari saya kebeneran dari Allah semata :).

Assalammuaikum.

Islam, Story

Ku Bukakan Pintunya…

January 11, 2016

Buka Pintu

وعنده, مفاتح الغيب لا يعلمها إلا هو ۚ ويعلم ما فى البر والبحر ۚوما تسقـط من ورقة إلا يعلمها ولا حبة فى ظلمت الأرض ولا رطب ولا يا بس إلا فى كتب مبين

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua perkara yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia Maha Mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tidak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak juga sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan telah tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Qs. Al-An’aam: 59)

إن الله بكل شيء عليم

“Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu.” (Qs. At-Taubah: 115)

كتب الله مقادير الخلا ئق قبل أن يخلق السماوات زالأرض بخمسبن ألف سنة

“Allah telah menulis seluruh takdir seluruh makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi.”
(Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya, kitab al-Qadar (no. 2653), dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, diriwayatkan pula oleh Tirmidzi (no. 2156), Imam Ahmad (II/169), Abu Dawud ath-Thayalisi (no. 557))

Dia dunia yang diciptakan Allah ini tidak ada yang kebetulan semua atas izin Allah.Pertemuan dan Perpisahan adalah satu hal yang berbeda tp tidak dapat dipisahkan krn didunia ini tdk ada yang abadi.Kali ini tian pengen cerita berbagai kejadian yang tidak disengaja dan mungkin juga jalan Allah.

Tian ini orang yang masih belajar untuk memperbaiki diri mulai dari membaca Al-quran hingga pengetahuan agama. Dengan hausnya tian akan ilmu tian belajar tahsin di tiga tempat yaitu salman, tar-q dan jendela hati. Jujur sebagai muslim tian sedih ngeliat diri tian sendiri yang kurang fasih membaca al-quran sesuai kaidah yang ditentukan. Kok bisa sampai di 3 tempat? Awalnya akhir 2014 tian mengikuti seminar pranikah di Salman ITB, disitu banyak ilmu yang tian dapat dan terbesit tiap hari ada bayangan bahwa tian menjadi ustadz, tian tau ini suatu pertanda dari Allah utk merealisasikanya tp tian yakin utk jadu ustadz itu ga mudah apalagi tian ngajinya masih parah walupun tiap pagi baca jg emang dasarnya lemah. Maka tian coba nyari guru ngaji dan mengutarakan maksud tian. Akhirnya tian diajarkan oleh ustadz di salman selama 2bulan tapi krn jadwal yang bentrok dengan ustadznya membuat jadwal belajar tahsin tian berantakan akhirnya tian putusin nyari tempat ngaji lain, kebetulan yang paling deket dengan rumah di jendela hati. Jendela hati adalah sebuah tempat belajar tahsin yang didirikan oleh ust abu rabbani. Mencari ilmu harus dari yang terpercaya karena di akherat kelak kita harus mempertanggung jawabkan ilmu yang kita dapat benar apa salah,nah ini dia haditsnya :

Diwajibkan bagi orang yang mencari jalan yang benar (belajar agama) untuk mencari seorang guru yang benar, dan di bawah arahan guru yang sempurna dan bisa menyempurnakan sehingga bisa menghantarkan kepada hakikatnya keyakinan dengan mengedepankan kekuatan ruhani mengalahkan kekuatan jasmani (akal fikiran)
(Tafsir haqqi, juz 15, hal: 13)

Kebetulan di jeha kurang terorganisir jadi proses belajarnya lama krn harus menunggu murid yang lain untuk gabung krn tian ambil kelas reguler disini untuk kelas privat harganya agak tidak bersahabat di dompet 😀 . Dengan lamanya waktu berjalan tiap pulang kerja tian selalu lewat jalan potong dr suci ke cikutra lalu ke jalan sidomukti dan kebetulan pas dimotor tian liat ada plang Tar-Q tempat belajar tahsin. Hari minggu tian langsung ikhtiar mencari ilmu ke Tar-Q ,Alhamdulilah disini lebih terorganisir  sehingga minggu depanya tian udah bisa belajar disini.

-bersambung-

Islam

3 Petunjuk Secara Islam dalam Memilih Perempuan/Lelaki yang Baik Dijadikan Pendamping Hidup Dengan Hadits yang mendukungnya

January 7, 2016

pas hidp

Terkadang kita takut untuk memilih mana yang terbaik untuk menjadi pasangan hidup kita tapi sebenarnya pertunjuk itu sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad bertahun tahun yang lalu , Maka dari itu kita perlu belajar dan memahami ilmu yang di tingalkan Nabi Muhammad. Adapaun 3 Petunjuk itu adalah :

  1. Beragama yang baik, diharapkan calon pendamping hidup kita nantinya mengerti agama karena dengan mengertinya agama dia tau mana yang baik dan mana yang buruk. Ada hadits mengatakan : Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung(H.R. Bukhari dan Muslim). Catet ia “engkau akan BERUNTUNG” coba bayangkan, gimana kalo pendamping hidup kita ga bener (misalnya suka mukul ,selingkuh,judi ,mabok, pergi sama orang lain yang bukan muhrimnya) pasti sakit rasanya ia, Maka dari itu mencari Agamanya lebih baik apalagi kalo ditambah satu keriteria lg dari 4 itu tambah-tambah deh Beruntungnya.
  2. Akhlak yang baik, kenapa sih Akhlak? ga semua orang beragama bisa memiliki akhlak yang baik karena akhlak itu cerminan diri kita terhadap lingkungan ,dimana menjadi kebiasaan yang menjadi tabiat dan ini susah dirubah.
  3. Taat pada orang tua, orang tua adalah segalanya bagi kita krn merekalah yang membesarkan kita dari kecil dan merekalah orang yang benar benar menyayangi kita dengan sepenuh hati makanya patuh pada orang tua(patuh pd hal yang baik ia 🙂  adalah keajiban dari seorang anak. Jika dia patuh pada kita InsyaAllah dia juga akan patuh juga pada kita nantinya 🙂 .

Ada beberapa hadits yang bagus untuk memilih pasangan hidup :

  • “Jauhilah olehmu khadraauddiman!” Rasulullah ditanya: “Wahai Rasulullah, apakah khadraauddiman itu?” Sabdanya: “Wanita cantik di lingkungan yang buruk.” (H.R. Daraquthni, Hadits lemah)
  • “Perbuatan manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik, dia akan beruntung dan selamat. Akan tetapi, bila shalatnya tidak benar, dia akan gagal dan merugi. Jika ada yang kurang sedikit dari kewajiban yang dilakukannya, kelak Tuhu yang Maha Gagah dan Maha Mulia akan berfirman: ‘(Wahai Malaikat), perhatikanlah apa hamba-Ku ini melakukan shalat sunnah sehingga dapat menyempurnakan kekurangannya dalam melakukan shalat wajib, kemudian semua amalnya akan dihisab dengan cara seperti ini.'” (H.R. Tirmidzi, Hadits hasan)
  • “Wahai Jabir, apakah nanti kamu akan kawin?” Saya menjawab: “Ya, wahai Rasulullah.” Sabdanya: “Dengan janda atau perawan?” Saya menjawab: “Janda.” Sabdanya: “Mengapa bukan perawan, supaya kamu dapat bergurau dengannya dan ia pun dapat bergurau denganmu?” Saya menjawab: “Sesungguhnya bapakku telah wafat saat perang Uhud, sedangkan beliau meninggalkan tujuh anak perempuan kepada kami. Oleh karena itu, aku menikah dengan seorang janda perempuan yang ‘mumpuni’, ia dapat mengasuh mereka dan melakukan kewajiban terhadap mereka.” Sabdanya: ” Engkau benar, insya Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
  • Q.S. At-Tahriim ayat 11:
    “Allah menjadikan istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman ketika ia berkata: ‘Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syura; dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya; dan selamatkanlah aku dari kaum yang dzalim'”.
  • Q.S. An-Nisaa’ ayat 3 :
    “Jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, …”
  • Q.S. An-Nisaa’ ayat 34:
    “…Oleh sebab itu, wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara (dirinya dan harta suami) ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah (menyuruh) memeliharanya…”
  • “Sebaik-baik istri yaitu yang meyenangkanmu ketika kamu lihat; taat kepadamu ketika kamu suruh; menjaga dirinya dan hartamu ketika kamu pergi”.
    (H.R. Thabarani, dari ‘Abdullah bin Salam)
  • “Wanita-wanita yang gemar minta cerai dan wanita-wanita pesolek (di luar rumah) adalah wanita-wanita munafik”. (H.R. Abu Nu’aim)
  • “Ada empat perkara, siapa mendapatkannya berarti kebaikan dunia dan akhirat, yaitu hati yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, bersabar ketika mendapatkan musibah, dan perempuan yang mau dikawini bukan bermaksud menjerumuskan (suaminya) ke dalam perbuatan maksiat dan bukan menginginkan hartanya.” (H.R. Thabarani, Hadits Hasan)
  • “Sesungguhnya wanita yang membawa berkah yaitu bilamana ia mudah dilamar, murah maskawinnya, dan subur peranakannya.” (H.R. Ibnu Hibban, Hakim, dan lain-lain, dari ‘Aisyah).
  • Q.S. An-Nisaa’ ayat 4 : “Berikanlah maskawin kepada wanita (yang kamu nikahi) dengan maskawin yang menyenangkan …”

Segitu dulu ia Maaf kalo ada salah,Salah semua ada disaya yang benar hanya ada di Allah. Assalamuala`ikum.

Islam

Mengapa Harus Ta`aruf?

January 5, 2016

11889534_10153474045681351_8088836803835634190_n

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

sebelumnya maaf jika ada salah kata atau apapun itu saya hanya manusia yang serba kekurangan baik dalam ilmu tp pengen banget untuk berbagi ,jika terjadi kesalahan itu sepenuhnya dari saya kebenaran hanya milik Allah.

Sungguh tidak terpikirkan untuk istiqamah memilih jalan ta’aruf untuk mencari pendamping hidup, sebelumnya tian memang pernah pacaran krn waktu itu belum tau konsep yang diajarkan islam itu seperti apa. Apakah kalian tau cara islami itu sangat menjaga kehormatan wanita mulai dari tidak diperbolehkanya seseorang yang bukan muhrimnya menyentuh dia karena memang seorang ratu hanya pantas untuk seorang raja berbeda dengan konsep pacaran dmn kalo kita ga saling pegangan tangan serasa gak pacaran krn aku tuh pengen pegang tangan km sampai kepelaminan #ehh. Nah itu dia pacaran itu gak cukup pegangan tangan walaupun pegangan tangan dikatakan lumrah dijaman skrg ini tapi kalo COWO NORMALLL ga cukup pegangan tangan (Teralami soalnya saya normal 😀 , Astagfirullah 🙁 ).

Mengapa harus ta’aruf?

Menjaga Kehormatan Wanita

Menjaga Hati Sebelum terlampau cinta 😀

Lebih enak pacaran setelah menikah, udah syah gitu jd bebas mau jungkir balik jg dan tidak menimbulkan fitnah krn fitnah terbesar ada di fitnah syahwat dan fitnah mulut

Mendapat berkah dari Allah krn tian yakin dengan cara terbaik akan dapat yang terbaik jg

ini adalah haditnya :
‘Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; karena puasa dapat menekan syahwatnya (sebagai tameng).'”

“Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul: rasa-malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.”

“Menikahlah, karena sesungguhnya aku akan membangga-banggakan jumlah kalian kepada umat-umat lain pada hari Kiamat, dan janganlah kalian seperti para pendeta Nasrani.”

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا تَزَوَّجَ الْعَبْدُ، فَقَدِ اسْـتَكْمَلَ نِصْفَ الدِّيْـنِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِيْمَـا بَقِيَ.

“Jika seorang hamba menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya; oleh karena itu hendaklah ia bertakwa kepada Allah untuk separuh yang tersisa.”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ وَقَاهُ اللهُ شَرَّ اثْنَيْنِ وَلَجَ الْجَنَّةَ: مَـا بَيْنَ لَحْيَيْهِ، وَمَـا بَيْـنَ رِجْلَيْهِ.

“Barangsiapa yang dipelihara oleh Allah dari keburukan dua perkara, niscaya ia masuk Surga: Apa yang terdapat di antara kedua tulang dagunya (mulutnya) dan apa yang berada di antara kedua kakinya (kemaluannya).”

“Nikahlah dengan gadis perawan; sebab mereka itu lebih manis bibirnya, lebih subur rahimnya, dan lebih ridha dengan yang sedikit.”[14]

masih banyak lagi haditnya, tian kasih tips ta`ruuf ia

Jemput jodoh dengan ta`aruf :

  1. Bantuan orang tua/wali/sahabat.
  2. Bantuan ustadz/orang sholeh yang mengerti ilmu agama.
  3. Memilih sendiri dan minta bantuan kerabatnya untuk mengutarakan tujuan kita.
  4. Wanita boleh menawarkan diri kepada lelaki sholeh agar dinikahi. Coba bacalah cerita Siti Khadijah yang menawarkan diri kepada Nabi Muhammad, ingat jangan pernah merasa malu karena sesunguhnya menuruti jalan yang diridhai Allah adalah jalan yang terhormat.

Ingat tujuan  ta`aruf adalah untuk menjauhi maksiat mendekati kemuliaan ,dua orang yang saling mencintai karena Allah dan takwa karena Allahlah sang pembolak balik hati.

Setelah kita menikah ada beberapa hal yang harus kita ketahui yaitu karakter wanita dan kakakter cowo,kita liat berikut ini :

  1. Ketika menghadapi masalah wanita cenderung curhat(wanita ingin didengarkan kita sebagai cowo jangan ngasih solusi coba dengarkan sampai habis kalo dia minta solusi baru kasih tapi kalau ga minta solusi bilang aja yang sabar ia atau apalah itu 🙂 -cowo cenderung memberikan solusi -cewe cenderung pakai perasaan dan terkadang cuman perlu didengarkan agar hasratnya sebagai wanita yang memang lebih banyak bicara terpenuhi),saat cowo menyendiri (biarkan ia selesaikan masalahnya sendiri krn cowo terkadang ada saatnya ga bisa diganggu kalo di ganggu suka kesel)
  2. Cara liat lingkungan ce : melebar/meluas ,co : menyempit
  3. Fokus, ce : Membangun Hubungan(multitasking), co : Solusi

Pengenalan Khusus :

  1. Mengenali dgn menyeluruh (visi,misi,keribadian,tanggung jawab,kebiasaan,dll).
  2. Data diri,kemudian bertemu didampingi.
  3. Cari informasi melalui orang terdekatnya.

Setelah ikhtiar ta`aruf sudah dilakukan minta kemantapan hati dari Allah dengan Shalat Istikharah dan musyawarah dengan keluarga.

beberapa tips :

  1. Niatkan Lilah ta`ala
  2. Pastikan data pernikahan tercatat di KUA
  3. Tuliskan visi,misi,rencana hidup, hubungan sosial, visi misi jarak panjang dan dekat,dll
  4. Menulis Proposal Hidup
  5. Terus tingkatkan Kualitas diri kita sampai akhir hayat karena jodoh yang baik adalah yang baik juga dan kita disarankan untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin, maka kita akan beruntung.
  6. Jadilah mandiri, persiapakan dari sekarang.
  7. Menikahlah dengan sederhana.

Jemputlah jodohmu dengan Memantaskan,Mengikhlaskan,Mendapatkan dan Cintailah pasangan halalmu seolah menjadi pekerjaan paling membahagiakan jiwa.

Artikel ini ada dari pengalaman pribadi,buku dan seminar-seminar,

Maaf kalo ada salaah kata kesalahan sepenuhnya dari saya kebeneran dari Allah semata :).

Assalammuaikum.